Takut Penipuan Saat Belanja Online? Berikut 7 Cara Menghindarinya

Belanja online sudah menjadi gaya hidup kekinian pada masyarakat modern. Berbelanja online memberikan banyak kemudahan. Namun di samping banyak keuntungan dari belanja online, ada juga risiko yang membayangi, seperti risiko penipuan belanja online dengan beragan modus yang kerap terjadi.

Cara Menghindari Penipuan saat Belanja Online
Ilustrasi belanja online. Gambar oleh Preis King dari Pixabay

Cara Menghindari Penipuan Belanja Online

Untuk itu sebagai konsumen harus pintar dalam berbelanja online, seperti memilih marketplace terbaik sebagai tempat berbelanja. Serta memahami trik-trik belanja online aman agar tidak mudah tertipu. Berikut ini 7 cara menghindari penipuan belanja online:

1.    Memilih marketplace dan toko terpercaya

Ada banyak platform yang digunakan untuk belanja online, baik dengan media sosial maupun marketplace. Untuk menghindari penipuan belanja online harus pintar memilih dimana harus berbelanja. Caranya dengan memeriksa kredibilitas marketplace atau toko dari penilaian konsumen.

2.    Jangan mudah tergoda penawaran harga murah

Siapa tidak tergoda dengan penawaran barang berkualitas yang dijual dengan harga murah, namun sebaiknya dipikir lagi. Tidak ada penjual yang mau rugi karena itu jika menemukan penawaran tidak masuk akal, besar kemungkinan barang yang dijual palsu atau di bawah kualitas pada umumnya. Jika tetap ingin membeli sebaiknya jangan terlalu berharap terlalu tinggi.

3.    Lihat ulasan konsumen

Belanja online bisa dilakukan kapan saja, jadi tidak masalah memilih sedikit lebih lama. Ketika menemukan produk yang diinginkan, jangan hanya melihat gambar dan keterangan dari toko namun lihat juga ulasan konsumen. Biasanya konsumen yang pernah membeli akan memberi ulasan terkait produk yang dibeli. Jika terdapat banyak ulasan buruk atau mengecewakan sebaiknya mempertimbangkan kembali sebelum membeli.

4.    Minta foto asli atau dari testimoni

Sering kali foto produk yang digunakan sangat bagus sehingga menarik hati untuk membeli. Namun untuk menghindari risiko penipuan belanja online, tidak masalah untuk meminta penjual mengirim foto asli produk. Atau bisa melihat foto yang diposting dalam ulasan, pastinya foto tersebut lebih asli seperti yang dijual oleh penjual.

5.    Minta resi pengiriman

Pada beberapa marketplace resi pengiriman bisa dilihat begitu penjual mengatur pengiriman produk. Dengan resi tersebut, konsumen bisa memastikan produknya benar dikirim dan melihat sampai di mana produk dikirim. Berbeda jika berbelanja di platform media sosial, jika penjual tidak memberikan resi pengiriman konsumen perlu memintanya. Karena resi pengiriman adalah bukti pengiriman jika penjual mencari alasan untuk tidak mengirim resi, konsumen patut curiga.

6.    Memilih toko resmi

Kini brand-brand ternama hampir pasti memiliki online shop resmi yang dipercaya menjual produk-produk original mereka. Jadi jika konsumen ingin membeli produk tertentu dari brand ternama ada baiknya langsung ke toko resminya.

7.    Amankan data pribadi

Salah satu modus penipuan belanja online adalah pengiriman produk yang tidak pernah dibeli konsumen. Penjual nakal bisa mengambil alamat konsumen untuk mengirim barang dengan sistem bayar di tempat. Meski sebenarnya konsumen tidak pernah memesan namun banyak korban kemudian membayar untuk barang yang telah dikirim. Salah satu cara menghindarinya menghapus alamat pengiriman barang pada setiap paket yang diterima.

Itulah 7 cara menghindari penipuan belanja online. Terutama untuk belanja kebutuhan elektronik pastikan belanja di marketplace yang aman dan nyaman yakni DatascripMall.ID, merupakan e-commerce dan situs belanja online yang menjadi business solution. Memberikan banyak pilihan produk asli dengan garansi resmi. Tersedia beragam produk kebutuhan rumah tangga, bisnis dan kantoran.

0 Response to "Takut Penipuan Saat Belanja Online? Berikut 7 Cara Menghindarinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel