Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana Dari Pipa PVC

Hallo sobat! Kalian tau gak istilah menanam tanaman sistem hidroponik? Tanaman hidroponik adalah tanaman yang tidak membutuhkan media tanah untuk bisa tumbuh dan berbuah. Tentu saja budi daya tanaman ini sangat cocok untuk kamu yang tidak punya lahan besar atau untuk kamu yang rumahnya di perkotaan dan ingin punya kebun tanaman sendiri depan rumah, kamu bisa coba sistem hidroponik ini.

Cara membuatnya sendiri cukup mudah sobat, kamu hanya perlu membutuhkan pipa pvc sebagai bahan utama untuk menanam tanamannya. simak ulasan lengkapnya berikut ini, kami akan menjelaskan cara membuat sistem hidroponik.

Langkah Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana




1. Persiapkan Alat dan Bahan


Langkah pertama yang harus sobat lakukan untuk menanam sistem hidroponik adalah persiapan alat, bahan, dan instalasi sistem hidroponik. berikut alat dan bahannya :
  • Paralon berdiameter 3 inci
  • Penutup paralon
  • Penyambung paralon
  • Lem paralon
  • Gergaji pemotong
  • Gelas plastik yang sudah dilubangi kecil-kecil di bagian bawahnya
  • Air
  • Tanaman untuk ditanam secara hidroponik
  •  Kerikil atau pelet tanah sebagai media tanam hidroponik

2. Melubangi Pipa Sesuai Diameter Gelas Plastik


Selanjutnya, silahkan kamu lubangi pipa paralon sesuai dengan diameter gelas plastik. Beri jarak antar lubang sekitar 10-15 cm agar tanaman dapat tumbuh bebas tanpa mengganggu tanaman yang lain.

3. Tutup Ujung Paralon Dengan Penutup Paralon atau Plastik


Setelah pipa pvc diberi lubang, tutup kedua ujung paralon dengan penutup. Jika kamu tidak memiliki penutup pipa, kamu bisa memanfaatkan plastik untuk menutup kedua ujungnya. Tutup ujung pipa tersebut dengan rapat ya sobat agar airnya tidak bocor!

4. Pengisian Air Pada Pipa


Langkah berikutnya, Silahkan kamu isi paralon dengan air. Isinya jangan sampai penuh ya sob karena air bisa meluap dalam gelas plastik. Kamu juga bisa menambahkan nutrisi khusus tanaman hidroponik dalam air tersebut.

5. Tanam bibit Tumbuhan ke dalam gelas plastik dengan menggunakan krikil atau pelet tanah liat


Langkah yang satu ini paling asyik, sekarang kita Isi gelas plastik dengan kerikil atau pelet tanah liat sebagai media tanam. Kemudian, masukan bibit tanaman ke dalam gelas plastik tersebut.

6. Masukan gelas plastik ke pipa yang sudah dibentuk


Setelah tanaman sudah siap, berikutnya masukkan gelas plastik ke dalam lubang di pipa air yang sudah kita lubangi tadi. Pastikan ujung gelas plastik cukup lebar agar tidak tenggelam ke dalam lubang paralon.


7. Cek volume air dan akar tanaman secara berkala


Taman hidroponik sudah siap! Meskipun begitu, kamu harus cek volume air dan akar tanaman secara berkala agar tidak gagal ditengah jalan. Tambahlah volume air apabila terlihat berkurang. Lalu, apabila akar tanaman terlihat semakin lebat, kamu bisa mengguntingnya.

Nah sob, itu dia langkah pembuatan tanaman sistem hidroponik sederhana yang terbuat dari bahan pipa pvc sebagai media tanamnya. Apa kamu tertarik dan berniat ingin mencobanya langsung? Semoga bermanfaat ya!






Aku imut Kata orang sih aku imut dan memang begitu adanya ^_^

1 Response to "Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana Dari Pipa PVC"

  1. saya sering liat tani jaman sekarang banyak yg nanem hidroponik pake paralon. Pengen nyoba tapi gatau caranya. Eh disini dibongkar😘

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel