7 Tips Agar Bisa Tetap Fokus Bekerja Walaupun Work From Home!


Dimasa pandemi ini, banyak kantor diseluruh dunia membuat kebijakan untuk membiarkan para pekerjanya untuk work from home (WFH) alias bekerja dari rumah. Hal ini merupakan salah satu upaya pencegahan agar karyawannya tidak tertular virus Corona / covid -19.

Saat ini WHO sudah menetapkan bahwa Virus Corona baru atau COVID-19 sebagai pandemi, dan di Indonesia sendiri penderitanya sudah cukup banyak.

Menurut kita, bekerja dirumah memang terlihat sangat menyenangkan karena tidak ada bos yang mengawasi hehe, Akan tetapi pada kenyataannya banyak yang mengeluh jika bekerja dirumah sulit untuk dilakukan karena mereka sudah terbiasa bekerja dikantor dimana suasananya memang berbeda dengan suasana kerja.

Salah satu keluhan yang paling sering mereka lontarkan adalah susah fokus pada pekerjaan. Namun, jangan khawatir dulu sobat.

Pada ulasan kali ini kita akan memberikan setidaknya ada 7 tips agar kamu bisa tetap fokus bekerja dan tentu tetap sehat walaupun dirumahaja.

1. Jangan menggunakan piyama saat bekerja dirumah

Memang terlihat sangat sepele, namun hal ini bisa membuat otak kecil kita berfikir sudah waktunya untuk istirahat alias tidur.

Dengan mengganti pakaian saat bangun tidur akan membuat otak kita berfikir kebiasaan dimana saat itu sudah siap untuk waktu bekerja dikantor.

2. Konsistensi waktu

Masuk mode kerja saat bekerja dirumah memang tidak mudah, karena pikiran kita terpengaruh beberapa hal seperti tidak takut terlambat, tidak takut macet dijalan dll. Hal ini tentu akan membuat kita terlalu selow dan menjadi penghambat yang menjadikan susah fokus saat bekerja dirumah.

Nah, ada cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi hal ini, yakni dengan konsistensi waktu. Jadi, ketika terbiasa selalu bangun pagi lalu berolahraga hingga minum kopi sebelum berangkat kerja, sebaiknya lakukan hal itu juga, walaupun sedang bekerja dirumah.

3. Mandi adalah hal yang wajib dilakukan

Walaupun bekerja dirumah, namun jangan sampai mengesampingkan mandi pagi. Selain akan membuat kita lebih segar dan mudah fokus untuk melakukan kegiatan, mandi merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kebersihan diri.

4. Jangan bekerja ditempat tidur

Memang tidak bisa dipungkiri jika bekerja ditempat tidur terlihat santai dan menyenangkan, namun jangan lengah, disini akan membuat kita terlalu nyaman lalu malah tergoda untuk tidur siang.

Cara menanggulanginya adalah dengan menyiapkan ruangan kerja secara terpisah dari  tempat tidur, dan jika memungkinkan terpisah pula dari kamar tidur.

Ketika sudah dilakukan, dijamin deh akan lebih mudah masuk mode kerja dan  tentu saja menjadikan kita tetap fokus bekerja.

5. Jaga kebersihan ruangan

Tips tetap fokus bekerja dirumah yang kelima ini juga terlihat sangat sepele namun sebenarnya sangatlah penting.

Apabila tidak menjaga ruangan kerja dirumah tetap bersih, akan membuat kita terganggu dengan kekacauan yang ada dan saat itu pula akan menunda pekerjaan untuk membersihkan ruangan, lalu tanpa sadar waktu sudah terbuang percuma karena tidak menjaga kebersihan sejak awal.

Jadi, sebaiknya tetap menjaga kebersihan ruangan kerja ya, dengan menjaga tetap bersih, akan menghilangkan gangguan apapun bahkan menjadikan semangat bekerja.

6. Batasilah media sosial

Saat bekerja dirumah akan lebih mudah terjebak godaan media sosial. Jika memang sangat sulit untuk menghentikan godaan media sosial, sebaiknya buatlah alarm untuk diri sendiri yang memungkinkan penggunaan media sosial selamat lima menit perjam setalah itu kembalilah untuk fokus bekerja.

7. Istirahat siang jangan dikesampingkan

Bekerja dirumah memang sangat fleksibel bisa istirahat kapan saja, namun bukan berati kita mengabaikan istirahat siang. Aturlah jam makan siang diwaktu yang tepat.

Se-fleksibel apapun kita saat bekerja dirumah, tubuh juga perlu untuk istirahat. Jangan sampai terlalu capek dan membuat tubuh menjadi drop.

Demikianlah 7 tips sederhana dari kami supaya kamu tetap fokus dan sehat walaupun bekerja dirumah, sangat simpel bukan? Jadi jangan lupa tetap produktif menjalani hidup dan stay safe ya.

Semoga bermanfaat!
Aku imut Kata orang sih aku imut dan memang begitu adanya ^_^

1 Response to "7 Tips Agar Bisa Tetap Fokus Bekerja Walaupun Work From Home!"

  1. Awesome a person create, the info is extremely great as well as fascinating, I will provide you with a connect to my personal website. www.ctfoleads.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel